Jumat, 04 November 2011

Trik Photoshop


Mainan Efek Kartun
Buka foto yang mau di-edit… bisa dengan File >> Open, drag n drop atau gimana.. terserah… sebagai contoh…
Untuk membuat foto tersebut mempunyai garis tebal gunakan efek Poster Edges… klik Filter >> Artistic >> Poster Edges… >> tentukan nilai masing2 variabel (waduh… bahasanya…) … misal saya gunakan Edge Thickness 7, Edge Intensity 3, dan Posterization 6 >> OK. Nilai-nilai ini tergantung dari foto dan selera kita saja… jadi tidak harus sama dengan contoh yang saya gunakan… (ya.. iyya..lahhhh… namanya az contoh…)
3. Selanjutnya kita buat warnanya jadi terang dengan efek Film Grain… klik Filter >> Artistic >> Film Grain… >> tentukan nilainya… misal yang saya pake Grain 0, Highlight 7, Intensity 10 >> OK.


Membuat Efek Photo Didalam Photo
Pertamax buka foto yang mau diedit :
Duplikat layer background dengan menekan CTRL + J. buat layer baru dan simpan diantara layer background dan layer1 ( layer foto duplikat )
Klik Create a new group untuk membuat group layer : supaya gak belibet dan gak cape karena kita akan buat banyak layer nantinya..
Drag layer 1 (foto duplikat ) ke group 1.
Buat 2 layer baru di group 1 .. tempatkan di bawah layer 1 dua-dua nya yah..
Beri Clipping Mask di layer 1 .. caranya.. tekan tombol ALT lalu arahkan mouse diantara layer 1 (foto) dan layer 4. Lalu klik.. nanti keluar semacam tanda panah kebawah.
Buat Kotak dengan rectangle mdi layer 4 dan warnai dengan warna Hitam.. lalu buat kotak lebih besar dari kotak pertama, warnai dengan warna putih
Klik kanan layer 3 atau layer kotak warna putih , klik blending option atau klik 2 kali layer 3 atau layer kotak warna putih. Setting seperti dibawah.. ini untuk membuat bayangannya.
Duplikat group 1 .. klik kanan group1 > Duplicate Group
Klik layer kotak pertama .. Sambil tekan tomlol SHIFT atau CTRL klik layer kotak yang satu lagi.. sehingga kedua layer kotak terseleksi..
Klik Move tool untuk menggeser kotak tadi.. atau gunakan panah di keyboard.  Putar dan resize bisa juga kok.. di coba-coba aja ya..  Tempatkan sesuai selera anda.. kalo udah teken Enter
Kalo udah beres .. Klik kanan lagi group 2 > duplicate Groupkasih nama jadi group 3. lalu geser kedua layer kotak yang ada di dalem group ke tempat yang diinginkan
Sama seperti langkah sebelumnya : Klik layer kotak pertama tekan SHIFT atau CTRL klik layer kotak yang kedua.. lalu geser dengan panah keyboard atau  putar dan besar kecilkan sesuai selera.
Saya dapet 20 Group layer .. liat aja                                                                                                                                                                                                                                                                         hasilnya:
 
Membuat Walpaper Pake Efek Futuristik
Warnai Background dengan warna Hitam.
Buka gambar Dian Sastro lalu seleksi.. karena warna background nya  putih..  pake Magic Wand Tool ajah.. selebihnya pake polygonal lasso tool.
Drag foto yang udah diseleksi ke dokumen baru tadi
Gunakan eraser tool untuk merapihkan bagian pinggir gambar yang mungkin kurang rapi. Klik eraser tool, klik kanan di layar pilih soft round
Buat garis Path seperti gambar di bawah dengan Pen Tool
                             
Klik Brush Tool ( atau tekan tombol B), klik kanan di layar, pilih brush size 3. ini untuk membuat garis sesuai Path tadi.
Buat Layer baru ( Layer > New > layer ), Klik Direct Selection Tool, klik kanan di garis path > Stroke path
Delete path . Posisi tool masih di Direct Selection tool, Klik kanan padi garis path > Delete Path.
Tekan CTRL + J untuk mengcopy layer garis path tadi sebanyak 4 kali..
Klik Move Tool, geser satu persatu layer hasil duplikat tadi ke kiri atau kanan, dengan menggunakan Panah (kiri/kanan) di Keyboard.
Klik Layer paling atas, tekan CTRL + E untuk menggabungkan layer atas ke bawahnya, sebanyak 4 kali.
Tekan CTRL + J lagi untuk menduplikat layer gabungan tadi (layer 2), Klik Edit > transform > flip horizontal.. untuk membalikan gambar di layer copy tadi. ke bawah atau atas.
Klik layer paling atas.. Gabungkan lagi dengan menekan CTRL + E.
Sekarang hapus bagian yang kurang penting di layer 2 dengan menggunakan eraser tool
Buat layer baru di paling atas.. Warnai  atas garis dengan aneka warna, sesuai selera..
Ubah layer efek menjadi COLOR. ..
dan perhatikan hasilnya, hapus bagian bawahnya dengan eraser tool, gunakan Soft Round supaya keliatan bergradasi.
Sekarang Buka gambar RENDER PACK, gambar-gambar render pack tinggal cari aja di google image.. tulis kata kunci RENDER PACK , atau bisa download render pack yang dibawah
( Klik untuk memperbesar , kalo udah besar disayang pacar klik kanan save image as )
Setelah file render pack kebuka di photoshop, seleksi sebagian , lalu DRAG ke dokumen Foto editan tadi.. Atur-atur letak nya.. di rotate (puter), resize ( perkecil/perbesar), hapus pinggir-pinggir nya dengan Eraser tool ( Soft Round)  dan yang paling penting, simpen di bawah layer foto.!
Buat juga untuk bagian sisi yang laen dan bagian bawah.. untuk bagian bawah spesial berada di atas layer foto.
Hasilnya kayak gini :
Untuk membuat efek bening, buat layer baru, buat bentuk seperti dibawah dengan polygonal lasso tool,warnai dengan brush yang gede ( soft Round ) berwarna Putih dikit aja di bagian atas nya.
Hapus bagian yang agak mengganggu dengan eraser tool (Soft Round ), Kecilkan Opacity nya.
Dengan cara yang sama buat 2 lagi di atas nya
Hasil final nya:

Membersihkan Noda Di Wajah
·  Buka aja foto yang ingin di-edit pakai Photoshop…
·  Gunakan tool Lasso tool (L) untuk membuat seleksi pada daerah yang ingin di-edit, kalau perlu perbesar menggunakan Zoom tool (Z) agar hasil lebih halus, contohnya seperti pada
gambar…
Tekan Ctrl+J untuk membuat layer baru berdasarkan area seleksi yang telah dipilih dari foto awal…
Nah sekarang tinggal menyamarkan noda wajah dengan efek Gaussian Blur… Sebelumnya pilih dulu layer yang baru, lalu pilih Filter >> Blur >> Gaussian Blur… Nah berikan efek blur secukupnya saja, jangan terlalu sedikit dan juga jangan terlalu banyak…
·  Jika ada bagian yang dirasa kurang halus, ulangi lagi proses seleksi dan pemberian efek blur tapi ingat, disini kuncinya adalah nilai blur yang tepat…
·  Selanjutnya sebagai tambahan, kita ubah warna agar nampak lebih gimana gitu… Pertama gabungkan dulu semua layer dengan Ctrl+E, lalu pilih Image >> Adjusments >> Color Balance… (Ctrl+B), dan atur nilai Pada Shadows, Midtones dan Hightlights sesuai keinginan dan kebutuhan, dalam hal ini diriku pakai S : 0,0,-7 | M : 0,0,-14 | H : 0,0,-21 | artinya diriku menambahkan intensitas warna kuning pada tiap opsi…
Terakhir tinggal atur pencahayaan agar lebih tajam, pilih Image >> Adjusments >> Brightness/Contrast… tentukan nilai sesuai kebutuhan, diriku memakai B : 7 dan C : 14 agar tambah tajam…








Mengganti Background Photo
Cara yang pertama diriku mo ngasih tau cara yang dulu kupelajari pertama kali secara otodidak dalam edit2 foto pakai Photoshop, yaitu menggunakan Eraser Tool.
  1. Pertama siapkan foto yang mau di-edit (kusarankan pakai foto beresolusi besar/tinggi biar enak tar edit di bagian detail2nya…), lalu klik 2x pada layer Background dan beri nama terserah, misal ”latihaneditfoto1” dan sekarang kita bisa mulai meng-edit foto tersebut.
Gunakan Eraser Tool (E), klik kanan dan tentukan ukuran eraser, lalu mulai goreskan pada bagian2 background foto yang mau dihilangkan,
juga gunakan Zoom Tool (Z) untuk mendapatkan bagian2 yang lebih detail.
Berikut adalah hasil ketika kita selesai menghapus background foto, bagian yang seperti alas papan catur adalah bagian yang kosong atau transparan.
Selanjutnya coba kita beri sebuah background sederhana, hanya sekedar tambahan aja. Kita buat layer baru dengan Ctrl+Shift+N dan beri nama misal ”bg”.

Dan tempatkan layer bg tersebut dibawah layer foto yang kita edit. Tekan Ctrl+[ untuk menurunkan posisi layer yang aktif atau Ctrl+] untuk menaikkan posisi layer yang aktif
Sekarang kita akan mengisi layer bg dengan warna background default (hitam), cukup aktifkan/pilih layer bg dan tekan Shift+F5, lalu pilih OK aja maka layer bg akan terpenuhi warna hitam.
Nah disini akan kelihatan apakah hasil editan kita sudah halus atau belum, kalau dilihat hasil editanku belum halus soalnya dipinggiran foto masih ada warna yang cukup mengganggu, langkah selanjutnya coba haluskan lagi jika dirasa belum halus dengan Eraser Tool lagi. Jika dirasa sudah cukup halus kita akan beralih ke tahap selanjutnya.
Tahap ini akan kita gunakan untuk memberi sentuhan akhir. Mulai dari memberikan warna gradasi pada layer bg, klik 2x layer bg, centang atau gunakan pilihan Gradient Overlay, dalam pilihan ini tentukan sendiri warna gradasinya, untuk kasus ini diriku sesuaikan saja dengan warna yang ada di foto, yaitu gradasi ungu tua dan ungu muda.
Lanjut dengan membuat duplikasi foto, caranya pilih layer foto yang kita edit, klik Ctrl+J untuk men-duplikasi, lalu atur layer duplikasi yang bernama ”|namalayer| copy” agar berada dibawah layer foto dan geser ke tempat yang masih kosong, dalam hal ini diriku geser ke arah kanan tidak jauh dari layer foto, lalu buat sedikit transparan dengan mengatur Opacity, dalam hal ini kuturunkan nilai Opacity layer duplikasi menjadi 14%.
Langkah selanjutnya hanya memberi teks, gunakan Horizontal Type Tool (T) dan ketikkan terserah, dalam hal ini diriku hanya mengetikkan nama cewe’ yang fotonya kurusak, hi7x… Kalau perlu atur jenis dan ukuran font serta beri efek sedikit, dalam hal ini diriku menggunakan font standar Monotype Corsiva ukuran 24pt dan untuk efek hanya Drop Shadow dengan Opacity 70%, Angle 120, Distance 3, Spread 0, Size 7 serta atur Fill pada layer teks menjadi 0%. Kalau sudah kira2 begini hasiln
Membuat Background Air
  • Jalankan Photoshop-nya, lalu buat file baru, klik File >> New (Ctrl+N) lalu beri nama Background Air >> OK
  • Pilih menu Filter >> Render >> Clouds… maka layer kita akan terisi corak warna hitam-putih mirip awan
Pilih menu Filter >> Distort >> Shear… pastikan pilih Wrap Around dan buat pola seperti pada gambar
Pilih menu Filter >> Blur >> Gaussian Blur… dan tentukan Radius-nya 7,0 pixels (hi7x… angka favoritku…)
Pilih menu Filter >> Artistic >> Plastic Wrap… tentukan Highlight Strength 14, Detail 14, Smoothness 14… (hi7x… kelipatan 7 semua… ^^)
Nah sekarang tinggal warnai aja, pilih Image >> Adjustments >> Hue/Saturation… (Ctrl+U), jangan lupa beri tanda centang pada Colorize dan Preview dulu, lalu tentukan Hue 210, Saturation 70, Lightness 0… (hi7x… masih kelipatan 7 aja…)
Nah jadi deh… simple kan… cuma beberapa menit kita bisa memanfaatkan efek2 Photoshop untuk membuat Background Air… nie dia Hasil Akhirnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar