Rabu, 08 Februari 2012

Instalasi XP Error di Menit ke-32 (Bag.1)

Binun nih mulai dari mana kata-katanya….., tapi Bismillah deh biar kocar-kacir ntar kata2nya moga2 mudah di serap…
Beberapa hari yang lalu,  seorang teman minta tolong untuk betulin kompinya, katanya sih mau di Reinstal Windows Xp-nya, ga sombong nih ya… biar newbi tapi kalo cuma soal install menginstall yah boleh lah…. (wuiihh lagakna…), dengan mantap langsung saja saya bilang “oke” ntar saya betulin tu kompi and besok boleh di bawa pulang lagi…..
setelah nyiapin semua kebutuhan yang diperlukan + kopi susu, langsung saja aku beraksi (kebetulan pas nyetel lagunya kotak “bersaksi eh beraksi) dengan lagak sok teknisi aku mulai ngikutin perintah2 si Windows Setup, pas lagi setup mencopy file2 windows… tiba-tiba si kompi mati sendiri tanpa lapor dulu. ku periksa semua perkabelan, dengan harapan masalah ada pada perkabelan yang mungkin yah… ga kepasang dengan benar. Setelah yakin, aku mulai lagi nyalakan kompinya. Tapi apa yang terjadi sodara2, baru beberapa menit kompinya tiwas lagi. mulai deh aku paniknya… sampai2 lupa kalo si kopi susu sudah teriak kedinginan….
lanjut cerita, akhirnya aku coba buka penutup casing sambil liat2 isi dalamnya…. kali aja ada sesuatu yang ga beres. dan ternyata sodara2 kebenaran sekali Fan Procesornya ga terpasang dengan baik, usut punya usut ternyata salah satu pengancingnya dah patah, pincang deh…., makanya kinerjanya ga maksimal, yah buntut2nya processor jadi gerah kepanasan, ngambek deh dia….
Tanpa pikir panjang lagi, akhirnya ku ganti Fan-nya dengan yang masih “oke”, ga baru sih tapi masih siplah. Tapi….. apa yang terjadi sodara2…. yah mwantap deh proses instalasinya…. kompinya dah ga mati2 lagi….., sambil nyante minum kopi susu gwa nungguin progres yang instalasi yang bergerak bebas tanpa hambatan.
Tapi… masalah besar muncul pada saat progress instalasi sampai pada “Setup Will Complete in Approximetaly 32 Minutes” tepatnya seerti gambar di bawah ini…
lebih dari 32 menit aku tunggui tapi ga nyampe2 instalasinya, yah progressnya ga jalan…. iyaaaa….. berhenti disitu. aku berpendapat kemungkinan CD Installernya yang bermasalah, trus kompinya kurestart dan masukin anu… CD Installer XP yang aku anggap ga ada masalah dengannya. tapi apa yang terjadi sodara2, tepat di tempat pemberhentian yang sama progressnya ga jalan. kepanikan mulai muncul, tapi dengan tampang sok santai (padahal bingungya minta ampun, mana kopi susu dah abis), kembali aku berspekulasi kalo kemungkinan CD Room-nya kali yang bermasalah. tapi Setelah CD Room diganti dengan yang lain, tetap saja seperti itu….. akhirnya aku stress se strees2 nya….
Apa yang sebenarnya terjadi??, Trus seperti apa penyelesaiannya?? akan saya kupas pada postingan berikutnya…., mohon sabar ya……..
Buat yang penasaran ma kelanjutan kisah stress ku pada postingan sebelumnya, ni dia nih…..
langsung aja ke TeKaPe
Seking stresnya saya gara2 instalasi xp yg ga finish2, aku biarin tuh komputer on trus… dengan harapan ada mukjijat….., tapi apa yang terjadi soara2, setelah 24 jam ga di apa2in dan dalam keadaan on…. tak ada sesuatupun yang berubah…., di monitor tetap yang tampil proses intalasi xp yang terhenti di menit-32….
Tetapi sodara-sodara… setelah melewati masa2 sulit alias kritis, setelah nyasar ke suatu blog (maap bribu maap, lupa nama blognya…. tapi thank’s brat buat empunya tuh blog :) ), akhirnya aku di kasih solusi yang sangat membantu… dengan penuh semangat (semangat 45) aku langsung nyalain komputer dan ngutak-atik…. dan apa yang terjadi sodara2, 100% berhasil… :)
ternyata pada saat Instalasi Windows, Setup mendeteksi kerusakan hardware pada komputer kita, dan setup mencatat kerusakan tersebut dalam sebuah file sederhana. Dan instalasi tidak akan finish jika kita tidak menghapus file tersebut. berikut cara menghapus file tersebut
  1. Nyalain lagi komputernya, saat muncul perintah untuk memasukkan CD Installer Windows XP, jangan masukkan CD nya, tapi silahkan tekan Shift + F10, maka akan muncul command prompt
  2. Pada Command Prompt, ketik “setupapi.log” (tanpa tanda petik), kemudian Enter.  maka akan muncul Notepad
  3. Pada Notepad, scrooll sampai kebagian paling bawah, kemudian cari dan temukan tulisan yang berakhiran “.inf” (tanpa tanda petik) biasanya berada di baris ke-4 dari bawah…
  4. Catat tulisan tersebut
  5. Close Notepad yang terbuka, dan kembali pada Command Prompt, kemudian ketik  (tanpa tanda petik) “C:\windows\inf\catatanandatadi”  kemudian ENTER, maka akan muncul Notepad
  6. Hapus seluruh isi Notepad, kemudian close (tekan yes jika muncul konfirmasi untuk menyimpan)
  7. Masukkan kembali CD Installer Windows XP, kemudian restart komputer anda
  8. Teng..teng… dengan Izin Allah SWT, instalasi windows xp anda tidak akan terhenti di menit ke-32 lagi, tapi terhenti di tempat yang tepat….  artinya anda berhasil menginstal windows xp di komputer anda..
SELAMAT MENIKMATI…..

1 komentar: